Lebaran memang momen yang pas untuk mempersatukan yang jauh supaya makin dekat. Berkumpul bersama keluarga besar, menikmati menu-menu lebaran yang spesial buatan ibu dirumah rasanya seperti tak bisa tergantikan dengan momen lainnya. Tak heran keinginan untuk mudik pasti akan muncul dalam pikiran. Tetapi satu hal yang tidak mungkin terelakkan saat lebaran tiba, jumlah pemudik dipastikan akan membludak. Selain itu, harga tiket pun akan melonjak naik. Meski begitu, jangan khawatir kalian masih bisa kok dapat tiket penerbangan murah saat lebaran. Bagaimana caranya? Yuk cari tau disini!

Berburu Tiket Lebih Awal

rawpixel-633847-unsplash
Photo by rawpixel

Hal yang benar-benar dilakukan pertama kali untuk mendapatkan tiket murah saat lebaran adalah mencari informasi atau langsung membelinya jauh-jauh hari sebelum hari H. Idealnya orang-orang akan memulai percarian tiket pesawat sesuai tujuan mereka 30 hari sebelum hari raya. Namun, ada baiknya jika kalian memulainya lebih awal lagi. Mungkin 50-60 hari sebelum hari H bisa jadi waktu yang pas untuk kalian mulai berburu tiket pesawat.

Memilih Maskapai yang Tepat Sesuai Kebutuhan

nick-herasimenka-366067-unsplash
Photo by Nick Herasimenka

Jenis maskapai yang akan kalian pilih untuk mudik nanti sangatlah berpengaruh dengan harga dan waktu saat memesan tiket pesawat. Maskapai low-cost carrier (LCC) biasanya akan menawarkan tarif lebih murah dari maskapai full-service jika kalian memesan tiket jauh-jauh hari sebelum hari raya. Sebaliknya, semakin mendekati hari raya harga yang ditawarkan maskapai LCC cenderung mahal. Jika kalian ingin membeli tiket pesawat maskapai full-service seperti Garuda Indonesia; Sriwijaya Air; dan Batik Air, disarankan membeli untuk penerbangan di hari-H lebaran karena harga tiketnya jauh lebih murah dibandingkan maskapai LCC.

Lakukan Pemesanan Tiket Online di Malam Hari

muhammad-raufan-yusup-254422-unsplash
Photo by Muhammad Raufan Yusup

Tak dapat dipungkiri kemudahan yang ditawarkan Online Travel Agencies (OTA) dalam hal pemesanan tiket membuat konsumen yang awalnya menggunakan layanan konvensional kini beralih ke layanan OTA. Berdasarkan survei yang dilakukan DialySocial pada 2013 responden, 71,44% menggunakan layanan OTA untuk reservasi tiket. Selain mudah, kalian juga bisa memesan tiket kapanpun dan dimanapun kalian berada. Faktanya, pemesanan tiket hampir sebagian dilakukan pada waktu pagi hingga menjelang malam. Nah, ini kesempatan kalian untuk berburu tiket murah di malam hari hingga tengah malam. Beberapa maskapai low-cost carrier (LCC) seperti Airasia, Lion Air dan Citilink juga sering membuka penjualan promo penerbangan pada pukul 23.00 di hari Minggu dan Senin. Sekali-sekali begadang demi tiket murah gapapa kali ya!

Memilih Penerbangan Jelang Dini Hari

giuseppe-famiani-447635-unsplash
Photo by Giuseppe Famiani

Penerbangan yang dilakukan jelang dini hari, kerap ditawarkan oleh beberapa maskapai. Tetapi jarang sekali ada pemudik yang mau mengambil jam penerbangan ini. Karena sedikit peminat, tiket pada saat itu cenderung dijual lebih murah dari tiket biasanya. Ini menjadi sebuah kesempatan yang sangat bagus untuk kalian yang mencari tiket pesawat murah demi menghemat budget mudik.

Membeli Tiket Terpisah di Beberapa Website

Tickets to paradise on earth
Photo www.southernliving.com

Bagi kalian yang ingin mendapatkan tiket dengan tarif lebih murah pada saat lebaran, jangan malas-malas untuk mencari informasi dibeberapa website agen travel online. Jangan lupa juga cek Online Travel Agency berbasis aplikasi. Carilah website mana yang memiliki penawaran paling murah untuk tujuan kalian. Jika tiket direct flight terlalu mahal, cobalah untuk memesan tiket connecting flight ke daerah lain terlebih dahulu sebelum menuju ke tujuan kalian.

Melakukan Perjalanan Sendiri

anete-lusina-609863-unsplash
Photo by Anete Lūsiņa

Melakukan perjalanan sendiri bukan berarti keluarga yang lain gak ikutan mudik ya. Tapi menjelang libur lebaran begini lebih baik jika memesan tiket tidak sekaligus banyak karena tarif yang harus kalian bayar akan jauh lebih tinggi dibandingkan jika membeli tiket satu-satu. Usahakan untuk memesan tiket sendiri-sendiri pada akun Online Travel masing-masing ya. Cara ini ampuh menghemat beberapa ratus ribu biaya mudik kalian!

Manfaatkan Diskon Tiket Pesawat

4af35fbac9743e8210d6d9992e441607
Photo www.cashbenzo.com

Saat menjelang libur lebaran seperti ini diskon yang ditawarkan beberapa maskapai penerbangan dapat dipastikan sedang bertebaran dimana-mana. Terkadang online travel berbasis aplikasi juga akan memberi kode promo khusus menjelang lebaran. Kalian juga bisa membeli tiket pesawat dengan kartu kredit, sebab banyak sekali maskapai yang melakukan kerjasama dengan online travel dalam hal promosi. Biasanya kartu kredit akan memberi diskon dan cashback, jangan lupa untuk memastikan bahwa kalian menggunakan kartu kredit co-brand yang bekerjasama dengan sebuah maskapai.

Mencari Penerbangan Tambahan

clique-images-547969-unsplash
Photo by Clique Images

Jika cara pertama sampai ketujuh masih belum berhasil, mari dicoba cara yang kedelapan. Mencari informasi tentang penerbangan tambahan. Karena menurut artikel yang dilansir di www.liputan6.com, PT Angkasa Pura II akan memberlakukan penerbangan tambahan atau extra flight selama periode angkutan Lebaran 2018 untuk seluruh 14 bandara yang dikelola perseroan dan akan tersedia sebanyak 366 flight yang terbagi 288 untuk penerbangan domestik dan 78 untuk penerbangan internasional. Kesempatan emas nih untuk tiket murah ke berbagai tujuan mudik kamu!

Berlangganan Newsletter dari Berbagai Maskapai

matthew-guay-148463-unsplash
Photo by Matthew Guay

Memang cara ini tergolong sedikit mengganggu, karena pastinya kamu akan menerima banyak email-email promosi. Walaupun begitu, cara ini harus dilakukan untuk mendapatkan tiket mudik murah apalagi untuk kalian yang juga suka berpergian dengan pesawat. Karena maskapai pesawat akan mengirimkan berbagai promo atau produk serta paket terbaru. Dengan berlangganan newsletter ini dijamin kalian pasti akan mendapatkan informasi lebih cepat dari yang lainnya.

Pilih Jadwal Penerbangan saat Hari H

guilherme-stecanella-660515-unsplash
Photo by Guilherme Stecanella

Tidak ada kata putus asa untuk mudik, ini adalah cara terakhir yang bisa kamu tempuh yaitu membeli tiket yang jadwal penerbangannya saat hari-H. Sering sekali beberapa maskapai penerbangan yang memberikan harga tiket yang lebih murah untuk jadwal penerbangan tepat di hari Lebaran. Siap-siap minta cuti tambahan ya supaya mudiknya lebih berasa panjang!

Advertisements