Bicara kuliner, Bali menawarkan beragam pilihan yang pastinya enak dan siap bikin dietmu gagal. Nah, kebetulan team pergiliburan sudah merangkum 9 kuliner Bali yang wajib kalian coba saat liburan ke Bali. Wajib!!

Photo credit : http://www.ulinulin.com

Udah mulai ngiler? Yuk, kita bahas satu persatu.

1. Nasi Be Genyol Bu Agus

Be genyol sendiri adalah olahan daging babi bagian sancam (Belly) yang dimasak dengan bumbu rempah khas Bali, jadi Nasi Be genyol ini adalah nasi campur Bali dengan daging genyol sebagai lauk utamanya. Selain itu ada juga sate lilit, krupuk kulit Babi (ini enaaknya kebangetan), sambel emba (sambal bawang goreng), dan sayur urab. Seporsi mulai 15 ribuan aja. Menariknya lagi, warung ini buka sampai larut malam bahkan hingga dini hari.

Range harga : 10ribu – 25ribu

Photo credit : http://www.instagram.com/foodinframebali

 

2. Nasi Ayam Bu Oki

Nasi Ayam Bu Oki ini populer sekali dikalangan pecinta kuliner Bali. Terutama untuk mereka yang tidak mengkonsumsi daging Babi. Ini adalah nasi ayam betutu pedas dengan side dish kacang goreng, ayam suwir, sayur urab dan sate lilit. Semua menu disini adalah olahan Ayam kampung dan negeri, tanpa ada olahan daging babi sama sekali. Suka pedas, jangan lupa request kuah pedasnya yang nendang banget. Warung Bu Oki sendiri sudah punya banyak cabang seperti di Nusa Dua, Jimbaran, dll.

Range harga : 20ribu – 30ribu

Photo credit : http://www.instagram.com/cnlulaby

3. Babi Guling Jero Kawan

Babi guling ini sangat terkenal dikalangan pecinta kuliner lokal Bali. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Denpasar, namun rasa babi guling ini mampu mengalahkan puluhan kilometer jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke sini.

Seperti nasi babi guling pada umumnya, satu piring nasi bigul akan berisi lawar putih, daging babi guling, kulit babi guling ( yang superrr enaaak), dan sambal cabe potong yang bikin makan lebih lahap.

Range harga : 25ribu – 30ribu

Photo credit : http://www.instagram.com/foodinframebali

Silahkan ikuti Google Maps biar nggak nyasar 😀

4. Nasi Campur Bali Bu Jero

Ini bisa dibilang salah satu Hidden Gem di area Denpasar. Ketenarannya belum seperti teman temannya yang lain di list ini, tapi kenikmatannya boleh diadu. Sebenarnya ini mirip wartegnya orang Tegal, bedanya menu menunya adalah comfort foodnya orang Bali, alias menu rumahan yang familiar di lidah. Mulai dari Ayam suwir, pindang awan pedas, betutu, babi kecap, lawar kacang panjang, babi goreng, abon babi, ayam sambel matah, sate pelecing, kulit ayam goreng, be kakul (keong) hingga nasi syobak. Semuanya lengkap tersedia disini. Jangan lupa juga minta sambelnya yang juara! Tips : Best time untuk datang kesini adalah antara jam 10 pagi hingga jam 1 siang. Saat jam ini, menu makanannya masih lengkap dan kita bisa puas pilih pilih menu yang kita suka. Jangan datang terlalu sore, biasanya jam 3 sore makanan disini sudah sold out semua. Hehe.

Range harga : 15ribu – 30ribu

Photo credit : http://www.instagram.com/foodinframebali

Nih lokasinya biar nggak bingung :

5. Nasi Campur Bali Warung Pojok

Pecinta kuliner Bali tapi gak mau makan Babi? Warung Pojok ini yang pasti akan jadi favorit kamu! Nasi campur ini sudah ada puluhan tahun dan kenikmatannya terjaga sampai sekarang. Dulu seingat kami warung ini lokasinya di gang sempit dekat pasar Badung, tapi sekarang ada di lokasi yang cukup mudah dicari. Menu lauknya antara lain : sisit sapi, sate sapi, paru sapi, sisit ayam, sambal kering kentang, udang goreng, sayur urab, ayam betutu, dan lain lain. Harga untuk makan dilokasi mulai dari 25ribu rupiah sedangkan untuk take away bisa mulai 15ribu rupiah.

Range harga : 15ribu – 30ribu

Photo credit : @foodinframebali

 

6. Rujak Kuah Pindang Warung Gula Bali

Eksistensi rujak di barisan kuliner khas Bali sih gak bisa diabaikan. Apalagi rujak kuah pindang yang beda banget sama rujak dari daerah lain. Rasa pedas asin gurihnya bikin nagih! Belum pernah coba? Ada banyak banget penjualnya di Denpasar, tapi salah satu yang paling enak ada di Warung Gula Bali. Selain rujak, ada juga tipat pelecing, tipat cantok, es daluman dan aneka jajanan khas Bali lainnya.

Range harga : 8ribu – 20ribu.

Photo credit : http://www.leonardo-slatter.com

7. Nasi Babi Sambel Matah Warung Cahaya

Ini salah satu kreasi menu kekinian di Bali. Daging Babi / Ayam digoreng dan di mix menggunakan sambal matah tradisional yang khas banget. Disajikan dengan nasi putih panas yang pulen. Duuh… jadi lapeeerr.

Range harga : 25ribu – 30 ribu

Photo credit : http://www.nitasellya.com

8. Sup Kepala Ikan Mak Beng

Sup kepala ikan Mak Beng adalah salah satu kuliner legendaris di Bali. Kelezatannya berhasil bikin banyak orang rela antri demi satu mangkok sop kepala ikan, sepotong ikan goreng dan nasi putih hangat dengan sambal yang super enak. Lokasinya yang ada dekat dengan pantai sanur juga jadi salah satu alasan kenapa banyak orang suka banget makan disini.

Price range : 25 – 35 ribu

Photo credit : http://www.aline-aline-aline.blogspot.co.id

9. Nasi Campur Ayam Men Weti

Masih di area Sanur, nasi ayam ini juga sudah eksis selama puluhan tahun. Dari jaman yang jualan masih Ibu Weti langsung, hingga kini turun ke anaknya. Nasinya jadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak dan ramah di lidah siapa saja. Semacam Comfort foodnya warga Bali. Kalau musim liburan, tempat ini pasti jadi salah satu yang paling ramai dikunjungi. Tidak hanya warg lokal, wisatawan pun rela antri demi sepiring nasi ayam Men Weti ini.

Range harga : 20ribu – 30ribu

Photo credit : http://www.Kuliner-terbaik-indonesia.blogspot.co.id

Gimana??? Udah semakin ngiler? jangan lupa bookmark http://www.pergiliburan.com supaya kalian nggak lupa daftar tempat-tempat makan yang enak ini! Selamat ber-ngiler ria!! 😀 (gde)

Advertisements