Try to not bring too many things while on vacation! Percaya deh, kalian akan ribet sendiri.

pergiliburan (3)

Pernah nggak sih kalian dibuat ribet sendiri oleh barang-barang bawaan saat liburan? Kalau iya, itu artinya kalian harus belajar packing lagi dari awal, belajar memilah barang apa saja yang penting untuk dibawa.

Yuk cari tahu barang apa aja sih yang biasanya mubazir alias nggak terpakai saat liburan :

  • Pakaian

Liburan dalam waktu lama (misalnya lebih dari 2 hari) menuntut kita untuk membawa pakaian ganti. Nggak hanya yang liburan lama, yang foto di banyak tempat walaupun sehari juga kadang bawa banyak baju ganti atau props supaya dapat mood yang berbeda di tiap foto. Tapiiiii, ya sesuaikan lagi lah dengan daya tampung tas atau koper, dan kuota bagasi.

pergiliburan (baju)

 

Sebaiknya jangan membawa pakaian per-pasang, lebih baik bawa lebih banyak atasan dan pakaian dalam. Hindari juga bawa pakaian berbahan jeans, karena rata-rata berat dan makan banyak tempat. Kecuali dapat endorse produk jeans, itu lain lagi ceritanya. Hehehe…

  • Gadget dan printilannya.

Pergiliburan

Tahu nggak sih, salah satu biang kerok keribetan saat liburan adalah gadget yang terlalu banyak. Misalnya, smartphone yang lebih dari satu, music player, tablet, laptop, kamera dan lensa-lensanya, powerbank, action cam, pocket cam, gimbal, drone, selfi stick, tripod, lighting dan lain sebagainya. Bayangin aja tuh gimana mau pakai semuanya dalam sekali jalan walaupun kenyataannya hanya lebih banyak posting buat Story Instagram atau Facebook doang.

Kalau boleh saran sih ya, kalau cuma buat liburan kasual biar nggak ribet, coba kita bikin simple dengan membawa :

  • Smartphone dengan aplikasi streaming music macam Joox atau Spotify, atau update music sebelum berangkat liburan; lumayan daripada bawa media player sendiri, belum lagi harus bawa banyak charger dan kabelnya.
  • Powerbank kapasitas besar supaya bisa dipakai berkali-kali saat jauh dari sumber listrik. Agak berat memang, tapi jauh lebih mending daripada bawa banyak powerbank yang kapasitas kecil;
  • Laptop & tablet, kalau nggak penting-penting banget, mending nggak usah dipakai, toh sebagian besar smartphone sekarang udah bisa multitasking dari urusan dokumen sampai urusan editing foto-video, walaupun nggak pro-pro banget;
  • Kamera dan printilannya. Nih yang paling ribet. Kadang ya, kalau kita punya banyak, pengennya bawa semuanya. Misalnya ada kamera DSLR atau mirrorless dengan banyak pilihan lensanya, lalu tripod, action cam, drone, kamera video, stabilizer, pocket camera dll. Nggak usah dibawa semua lah. Coba tanya diri sendiri dulu, emang punya banyak waktu untuk pakai semua itu? Kalau iya, mending buatkan list, scene apa yang perlu kamera apa, atau di lokasi mana yang hanya perlu kamera tertentu. Saran sih ya, tetep atas nama efektifitas alat dan waktu, sebaiknya bawa satu kamera dengan maksimal 2 lensa, plus tambahan satu action cam aja udah cukup kok. Oh iya, tripod juga nggak usah bawa yang berat dan gede, cukup bawa yg lebih fleksibel, Gorillapod misalnya.
  • Makanan. Ada lho yang nggak bisa jauh-jauh dari cemilan atau takut kelaparan di tempat liburan–emang liburannya di gurun pasir bro? Hehe. Kalau liburannya masih bisa menjangkau warung lokal atau minimarket, mending bawa cemilan buat di jalan aja. Di lokasi, beli di sana aja kan sekalian bisa berbaur dengan masyarakat lokal. Lumayan lho menghemat tempat di tas / bagasi. Yang penting, bawa duit lebih aja. Hihi

Kalau barang yang dibawa memang harus banyak, nggak apa-apa juga sih. Ini gimana sih, kok plin plan? Maksudnya gini lho, kalau memang kalian belum bisa nggak bawa barang banyak atas nama persiapan yang matang, nggak apa-apa. Nanti di hotel tempat kalian menginap, bisa dipilih lagi barang apa yang harus dibawa saat jalan-jalan hari pertama, kedua, dan seterusnya.

pergiliburan (2)

Itu sih beberapa hal yang bisa kalian pertimbangkan sebelum liburan, supaya nggak ribet. Karena ini sifatnya relatif, alias berbeda-beda untuk tiap orang, cara paling gampang deh : Sesuaikan dengan pengalaman liburan terakhir kalian. Nah dari situ kalian bisa pilih barang-barang yang mau dibawa dengan lebih bijak.

Liburan kan tujuannya untuk dinikmati, masa iya jadinya nggak asik karena sibuk mikirin barang bawaan.

Kalau kalian punya pendapat yang beda, atau ada tambahan atau mungkin mau share pengalaman yang sama seperti Mimin Pergiliburan? Yuk ngobrol di kolom komentar.

Selamat liburan guys! (tmb)

Photo credit : Pexels

 

Advertisements